Sahabat Blogger

Minggu, 31 Maret 2013

Story teller of Raditya Dika

Mutun (muka kartun)
You know who is Kambing jantan?
let's see...
Profil :
Nama                : Raditya Dika
Nick                  : Radith,Dika, DICK-a, kambing, mutun (muka kartun) atau dikung.
Lahir                 : Jakarta, 28 Desember 1984.
Tempat Lahir     : Dokter Hewan (serius! [?])
Pendidikan        : Alumnus SMA 70 Bulungan-Jakarta selatan, Adelaide university-Australia.
Karir                 : Penulis, Director, StandUp Comedian.
Cita-cita            : Punya pacar Britney Spears. 
Twitter               : @radityadika

Keluarga
Keturunan         : Batak
Marga               : Nasution 

Papa Nasution (Bokap Radith) : Punya kebiasaan unik yaitu selalu menekankan mengganti celana dalam setiap hari dan senam kentut tiap pagi.
Mama Nasution (Nyokap Radith) : Orangnya panikan banget. Terlalu berlebihan menanggapi hal yang terjadi terhadap anak-anaknya.
ex :
"Mah, yudith boleh ikut abang nonton konser kuburan band nggak?" Kata Yudith memohon.
"Kuburan band yang dandananya aneh itu ya? yang metal-metal itu, kan? nanti kalo kamu nonton terus keinjek-injek penonton yang lain gimana? kalo kamu sampe pingsan desek-desekan, gimana?" Mulai panik.
"Tapi mah..."
"JANGAN! pokoknya jangan!"
"...."
Lihat kan? itulah nyokapnya Radith suka overprotective terhadap anak-anaknya.
Raditya Dika (Sulung) : Sebagai anak paling tua, ia pun mengemban misi sangat berbahaya untuk melindungi adik-adiknya dari serangan alien. Entah apa alasan alien-alien itu mengincar adik-adiknya terutama Edgar si bungsu adalah target utama penyerangan itu.
Belakangan diketahui Edgar memiliki DNA yang menurut dokter peneliti mirip DNA makhluk asing. Mungkinkah Edgar... ? 
Yuditha  (Adik pertama Radith) : Dekil, item, namun cerdas. Mempunyai IQ diatas rata-rata. Ia bersekolah di Al-azhar-Jakarta. Masuk kelas aklerasi juga loh... 
Ingga-Anggi (Kembar) : Serupa tapi tak sama. Tau kenapa? Ya! meski kembar tak selamanya mereka sama. Seperti kembar Ingga-Anggi mereka sangat berbeda. Ingga lebih gendut dari Anggi. Ingga lebih doyan makan ketimbang Anggi. Ingga hiperaktif sedang Anggi pendiam. Nampaknya mereka lebih pantas disebut bukan kembar daripada kembar. 
Edgar (si Bungsu) : Kisah perjalanan hidupnya bisa dibaca dalam semua serial buku Raditya dika. 

History
Raditya dika  dikenali publik setelah buku pertamanya Kambingjantan (Gagasmedia, 2005) terbit di pasaran. Buku yang diadaptasi dari blognya yang dulu beralamat di www.kambingjantan.com namun sekarang sudah berganti alamat menjadi  www.radityadika.com. Dengan gaya menulis komedi yang lepas pakem, dan apa adanya. Kambingjantan sukses menjadi bestseller.
Selanjutnya berbeda dengan Kambingjantan, Raditya menulis buku bergaya personal-essay-comedy berjudul :
  • Cinta Brontosaurus (Gagasmedia, 2006),
  • Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa (Gagasmedia, 2007,)
  • Babi Ngesot (Bukune, 2008),
  • Marmut Merah Jambu (Bukune, 2010),
  • Manusia Setengah Salmon (Gagas Media, 2011).
    My collections : Story teller of Raditya Dika
Favorite book; Cinta Brontosaurus.
Favorite Story; Dibalik Jendela-Cinta Brontosaurus
Pembatas buku paling absurd; Manusia Setengah Salmon.
Di akhir tahun 2008, bersama komikus Dio Rudiman, Raditya menulis komik Kambingjantan (Gagasmedia, 2008)*Gue sengaja nggak ngoleksi komik Radith, coz nggak begitu tertarik liat gambar, lebih seneng baca*. Komik ini berisi kehidupannya sewaktu menjadi mahasiswa perantauan di Adelaide-Australia. Project terakhir Raditya adalah film yang diangkat dari buku pertamanya, Kambingjantan. Disutradarai Rudi Soedjarwo. Selain menulis skripnya bersama Salman Aristo dan Mouly Surya, di film tersebut dia juga berperan sebagai Tokoh utama. Film KambingJantan 'catatan harian pelajar bodoh' tayang 5 Maret 2009.
Selain menulis, Raditya juga menjabat sebagai Redaktur Khusus penerbit Bukune, Direktur Utama perusahaan pemasaran internet Nyunyu Consulting (@NyunyuCOM), dan Direktur Pemasaran Celebrity Pancake (@durianpancake). 

Disamping kesibukkannya sebagai seorang StandUp Comedian (Comic), untuk sekarang ini setelah sukses dengan Film pertamanya KambingJantan, Radith sedang disibukkan menggarap Film layar lebarnya yang kedua Cinta dalam Kardus dan Cinta Brontosaurus yang akan rilis pertengahan tahun 2013 ini.
Seperti dikutip dalam blog pribadinya www.radityadika.com, "Film gue yang akan tayang pertengahan tahun ini ada dua. Pertama, yang sempet gue tulis juga di blog mengenai prosesnya, adalah film Cinta dalam Kardus. Sedangkan film yang kedua berjudul Cinta Brontosaurus, berjudul sama dengan buku ke-dua gue. Judulnya mirip-mirip, jadi jangan ketuker ya. :p Film Cinta Brontosaurus memiliki jalan cerita yang berbeda dengan buku ke-dua gue, yang juga berjudul Cinta Brontosaurus. Film Cinta Brontosaurus bercerita tentang:
Dika, seorang penulis yang percaya cinta bisa kadaluarsa bertemu dengan Jessica, seorang cewek yang menurut dia berbeda dari yang lainnya. Namun, seiring Dika mengenal Jessica, seiring itu pula dia harus membuktikan bahwa keyakinannya terhadap cinta selama ini salah.
Film ini disutradari oleh Fajar Nugros (Queen Bee, Cinta di Saku Celana) dan diproduksi oleh Starvision Plus. Skenarionya full gue tulis sendiri."
Info lengkap baca DISINI.


Itulah Raditya Dika, seorang penulis yang berhasil menginspirasi gue untuk terus belajar menulis sebuah cerita agar menjadi sebuah cerita yang lebih baik lagi dan lagi. Memotivasi gue untuk bisa mengejar cita-cita sebagai seorang Novelis. Dia jugalah alasan dibalik semangat gue selama ini untuk bisa bertemu dengannya secara langsung dimuka. Ingin rasanya berfoto bareng dia atau sekedar meminta tanda tangan tapi sayang semua itu belum bisa terjadi sekarang mungkin nanti suatu saat esok gue bisa bertemu dan berjabat tangan dengan dia, seorang Raditya Dika.
Gue dapet tanda tangan Radith pas ikut Pre-Order buku Manusia Setengah Salmon :'(
Ja  matta ne...

21 komentar:

  1. Owh, ternyata fans beratnya Raditya Dika ya?? Aku juga pernah liat dia di kampusku. waktu itu dia ngadain seminar nulis gitu, cuman nggak pernah beli bukunya. yang aku punya tanda tangan dan bukunya itu Merry Riana..dan juga salaman, dan juga foto bersama, cuman masih di panitianya fotonya. Hiksss...
    *curhat

    semoga cepetan bisa ketemu dan salim plus foto bareng ya Ben. Semangat!:D

    BalasHapus
  2. ane ngga pernah yang namanya jadi penggemar berat. Teman ane sih ada yang ngefans sama dia, tapi ngga punya koleksi buku si Radit. Setiap hari dia selalu mentioan si Radit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gue sih nggak gitu gitu amat deh. sampe mentionan tiap hari ;(

      Hapus
  3. hahaha.. nyokap gue pas gue beli buku manusia setengah salmon itu dikira buku bergenre horror. hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. buakakaka.... kalo ibu gue mah suka ilfill sama radith pas beliau tau iklan produk cuci muka yg diperanin radith, katanya "ini toh radith itu, idih wong kayak gitu kok di idolain sih?aneh:/"

      Hapus
  4. radit ya. hmmm.. dia nggak ganteng kan? tapi bisa kayak gitu ya. :D
    gue suka sama bakat dia bro. :)

    salam kenal :)

    BalasHapus
  5. admin gue baru punya 2 buku nya Bang Raditya Dika yang MANUSIA SALMON & MARMUT MERAH JAMBU....hehehe tapi gue akan cari dan koleksi bukunya bang Raditya Dika

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya kalo agan mau ngoleksi semua series bakalan susah deh. coz udah nggak produksi lagi ditoko buku. palingan agan kudu nyari Raditlovers yang mau ngejual koleksi bukunya. mungkin.
      salam :)

      Hapus
  6. gue baru punya 3 buku nya bang dika yang manusia salmon,marmut merah jambu,cinta brontosaurus

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti belum lengkap. ayo dilengkapin. digramed udah ada noh yang cover barunya. buruannn...!

      Hapus
  7. Balasan
    1. Radikus LOverus juga ya. wah... jodoh nih :)

      Hapus
  8. Balasan
    1. Iya bener. tapi banyak spoiler kalao kakak ngikutin malam minggu miko sih. IMHO

      Hapus
  9. Huehehe sedetail itu? penggemar berat kayaknya :D

    BalasHapus
  10. Aku bukan penggemar berat si kambing cuma suka aja dan aku punya semua buku si kambing :D

    BalasHapus
  11. aku dh bca bukunya 3 judul ,Manusia setengah salmon,Kambing jantan,Dan Emarmut merah jambu :):):) cuma 1 koleksi bukunya Mau cari lgi susah

    BalasHapus
  12. paling lucu diantara film nya radit, cuma manusia setengah salmon , gue suka banget, dan saat ini yg sedang ngetren adalah film single buatan bang radit

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu, sesederhana itu saya sudah merasa dihargai.
Terimakasih :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...