Sahabat Blogger

Rabu, 13 Februari 2013

Valentine's Day BUKAN Hari kasih sayang

Banyak yang mengatakan jikalah February ini adalah bulan Cinta. Bulan dimana banyaknya kasih dan sayang yang harus lebih ditebarkan lagi. Dan ketika tepat pada tanggal 14 February nanti, banyak diantara kita yang menyebut hari itu adalah Valentine days yaitu semacam hari kasih sayang. Dengan ke - awam - an tersebut, kita pun ikut - ikutan untuk merayakan Valentine days.
Padahal kita sebagai muslim, bukan saja pada hari, tanggal dan bulan itu saja yang kita jadikan sebagai hari kasih sayang, melainkan tiap waktu, detik dan jam adalah hari kasih sayang yang sesungguhnya.

Perlu kita ketahui, banyak sumber yang sudah dipastikan kebenarannya, bahwa 14 February bukanlah hari kasih sayang sebagaimana kita seorang awam tidak ketahui. Adalah hari Meninggalnya salah seorang santos (orang suci kaum kristian) bernama St Valentine. Dia adalah seseorang yang memang bijak, baik hati, serta suka menyayangi terhadap sesamanya. Ingat ! hanya 'sesamanya' bukan semuanya. #BedaKasus  

Dulu, Dia hidup pada jaman kekaisaran Romawi yang dipimpin oleh seorang kaisar bernama kaisar Claudius. Ia terkenal kejam dalam memerintah rakyatnya. Ambisinya yang begitu besar untuk memiliki kesatuan militer yang besar dan kuat. Demi mewujudkan keinginanya tersebut, lantas Ia memerintahkan kepada seluruh pasukannya bahwa setiap laki - laki masyarakatnya haruslah menjadi bagian prajurit militernya, sedangkan keinginan kaisar itu tidaklah didukung oleh kaum laki - laki karena mereka tidak ingin meninggalkan anak, istri serta kekasih hatinya. Mendengar itu semua, kaisar pun murka, lalu Ia membuat sebuah kebijakan yang Absurd yaitu dilarang adanya pernikahan. 
St. Valentine merasa kebijakan itu sangatlah tidak masuk akal, 'bagaimana mungkin seseorang bisa hidup tanpa cinta' begitu pikirnya. Sehingga Dia pun tidak menggubris perintah dari kaisar dan tetap menikahkan setiap pasangan yang sedang dilanda kasmaran meskipun dengan sembunyi - sembunyi. Sampai Kaisar mengetahui perbuatan St. Valentine yang menentang perintahnya itu, maka St. Valentine ditangkap dan dihukum pancung. Pada 14 February itulah hukum pancung terhadap St. Valentine dilaksanakan.
Karena dianggap sebagai seorang yang berjasa terhadap agamanya, maka sebagai bentuk penghormatan kepada St. Valentine, pihak gereja yang kemudian memperingatinya sebagai  Valentine Day. 

Awal dirayakanya Valentine Day selain sebagai bentuk penghormatan juga sebagai pengganti perayaan Lupercaria yaitu semacam penghormatan kepada dewa Lupercius sang Dewa kemakmuran yang diperingati pada tanggal 15 February. Sedang pihak gereja menghapus peringatan itu dengan tanggal 14 February yang bertepatan dengan kematian St Valentine. Tidak ingin terlihat begitu formal, maka pihak gereja mensiasatinya dengan diakannya pesta - pesta oleh muda - mudi yang sedang jatuh cinta. Maka jadilah Valentine Day.

Sesuai  kemajuan jaman, pesta peringatan tersebut bergeser menjadi semacam pesta khusus orang - orang yang sedang dilanda kasmaran, dengan berpesta pora semalam suntuk, tak jarang sampai dibubuhi dengan pesta sex juga.
Parahnya, di Indonesia sendiri yang notabene adalah negara yang sebagian besar masyarakatnya memeluk agama Islam, ikut merayakan Valentine Day yang hanya diperingati oleh kaum nasrani. Padahal sebagaimana Rassullullah Muhammad Saw pernah bersabda  ”Barangsiapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut ” (HR. At-Tirmidzi)
Artinya, Beliau telah melarang untuk mengikuti tata cara peribadatan selain Islam.
Ibnu Qayyim al-Jauziyah berkata, ”Memberikan ucapan selamat terhadap acara ritual orang kafir yang khusus bagi mereka, telah disepakati bahwa perbuatan tersebut adalah HARAM."

"Terus bagaimana dengan orang - orang yang kekeuh merayakan Valentine Day itu?"

Jelas rasanya bagaimana sebenarnya Hukum merayakan Valentine Day tersebut bagi kita kaum muslim adalah HARAM. #TITIK! #ENGGAKPAKEKOMA!!
Katakan TIDAK untuk ini
Apakah Kita sebagai kaum muslim masih mau dibodohi jejak - jejak menyesatkan yang diselipkan oleh kaum kafir untuk tetap memperingati Valentine tersebut ?
Jangan berdalih "Ah... niat gue kan bukan untuk memperingati Valentine Day itu, tapi lebih ke Ungkapan kasih sayang gue buat pacar."

atau

"Tergantung masing - masing kita, apakah niatnya untuk memperingati santos itu atau cuma sekedar pengungkapan rasa cinta terhadap pasangan."

atau lagi

"Apaan sih, masa cuma ngasih kado sama coklat buat pacar nggak boleh ? gitu ?!"

lagi dan lagi....

Gue Tegaskan sekali lagi. "APAPUN ALASANNYA, IKUT MEMPERINGATI VALENTINE DAY BAIK NIAT ATAU NGGAK ADA NIAT, ITU SAMA SAJA. HA - RAM, IYA HARAM !! Uhukkk..." 
#CAPSLOKJEBOL #EfekDarahMiliterNaik

Semoga kita tetap sebagai muslim yang kokoh imannya,
Semoga kita tetap dalam dekap Lindungan - NYA,
dan semoga apa yang gue sampaikan dapat bermanfaat. Aamiin :)

Ja...

21 komentar:

  1. *uhuk...uhkkk//

    batuk-batuk aja...

    yang salah valentine day nya ato individunya... coba cek juga tulisan ane..

    BalasHapus
  2. ini dia, postingan cerdas seorang muslim ,, valentine ???? orak urus .. !!!!!! hahaha

    BalasHapus
  3. #Jomblo Detected *eh... hahah, Just Kidding
    Sebenarnya klo menurut gue. Pasanganga yang hebat klo setiap hari dia kayak Valentine :D Masa cuman spesial di Valentine aja :D gak seru ahhh... lagian belum tentu jodoh pula...

    yuk semarakkan twitter dengan #GerakanPutusBersama :D Nikahi atau Sudahi.. bukan utk memutuskan silaturahim namun kalau memang jodoh pastilah kembali. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ! suka kata kata Nikahi dan sudahi :)

      Hapus
  4. Valentine itu nama depannya Vincent dari FF VII bukan? #salahfokus

    BalasHapus
  5. Bener tuh, hari kasih sayang itu nggak cuma 1 hari atau pas tanggal 14 februari aja. Nice post nih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagai muslim, setiap hari waktu dan jam adalah hari kasih sayang sesungguhnya :)

      Hapus
  6. Balasan
    1. unyut beut pake manggut" imut gitu :3 *sodorin kecap*

      Hapus
  7. kamu benar!
    bukan hanya karena soal status jomblo atau enggak, tapi emang itu bukan budaya kita! *uhuk uhuk
    hehe

    BalasHapus
  8. Ga usah ikutan ngerayain Valentine tapi kenapa ga manfaatin momen ini untuk lakukan kegiatan yg positif? Say thank you ke orang tua misalnya? Beliin mereka sesuatu kado atau sekedar cium pipi, mengungkapkan kasih sayang ga ada salahnya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sama aja bang. gue udah jelasin diatas. kalo memang iya sekedar bilang say thanks to parents kenapa nggak setiap hari? kenapa baru pas tgl 14 february? kenapa bang kenapa???!!!... Uhukkk

      Hapus
  9. Gue termasuk yang ga ngerayain valenten-valenten tapi gue agak sesek juga ngeliat orang2 pada beli bunga dan coklat soalnya gue juga pengen T.T #sirik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus :) *kasih jempol kaki*

      tenang, beli saja. di indomart masih banyak ko :)

      Hapus

Tinggalkan jejakmu, sesederhana itu saya sudah merasa dihargai.
Terimakasih :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...