Sahabat Blogger

Senin, 09 Juli 2012

Tips menjadi pekerja idaman BOS

Beberapa hari ini gue harus ekstra keras membanting tulang memeras keringat demi segenggam Android smartphone impian gue dan itu membuat kondisi kesehatan gue semakin nggak karuan, makan jadi nggak teratur, tidur apalagi begadang mulu. :(
Betapa tidak? saking loyalnya gue pernah kerja sampe 16jam non stop gegara gantiin sif-nya temen yang nggak berangkat gegara sakit.
Disamping perusahaan yang emang  lagi kejar setoran guenya juga lagi kejar impian jadi loyalitas gue keperusahaan agak berlebihan, lembur josss sampe nggak inget kesehatan. Padahal you know lah? kesehatan itu mahal, jekkk!! yaa... Allah ampuni dosa hamba *nangis kejer*
Hempon impian, Smartfren AndroMax 3,5" Ice crean Sandwich
Ngomongin loyalitas atau kecintaan terhadap suatu perusahaan tempat dimana kita mengais rejeki itu sangatlah penting. Selain biar bisa dilirik sama bos dengan kita loyal terhadap kerjaan yang kita jalani akan membuat kita nyaman buat ngejalaninya nggak merasa terbebani.

 "Sesuatu apapun kalau dimulai dari hati akan ringan rasanya."

Gue punya beberapa tips nih buat kalian yang memang pengen dianggep sama bos. Yah... kali-kali aja begitu kalian ngejalanin tips dari gue ini, kalian langsung dimutasi dari OB jadi Tukang taman atau dari Tukang taman jadi pengangguran. Who knows? iya kan? *digampar readers*
Kejedooottt... !! eh?
1. Disiplin
Kalian pasti mengenal negeri sakura bukan?  negara seribu imajinasi dan kreasi. Ya! jepang, Negara yang terkenal akan kedisplinan masyarakatnya. Itu juga negara impian gue. Kapan yah... sekiranya gue bisa singgah disana, ingin rasanya menapakkan kaki dan menimba ilmu disana tak apalah walau sedetik saja. *curhat*
Dengan menerapkan gaya hidup disiplin, gue jamin hidup kalian akan bahagia. Apalagi kalau kalian mampu menganut disiplinya orang-orang jepang tersebut dan menerapkanya saat kalian bekerja. hemmm.... gue yakin, bos langsung ngalihin perhatianya kekalian buat langsung dimutasi jadi... OB. xD

2. Tepat waktu
Penting! Usahakan untuk tidak pernah telat masuk kerja, minimal 30menit sebelum bekerja kalian sudah stand by di tempat kerja, sehingga segala sesuatunya tidak disiapkan dengan buru-buru.

"Sesuatu yang dipersiapkan secara matang dan terorganisir akan membuahkan hasil yang maksimal."
3. Penurut
Yang namanya bos itu pasti suka sama bawahanya yang penurut. Tidak pernah membantah apa yang bos perintahkan. Tapi inget "sesuatu yang berlebihan bisa jadi boomerang."
So, bolehlah kalian jadi penurut tapi juga harus punya prinsip dalam bekerja. Jangan mau-maunya disuruh beliin rujak sama bos sedangkan anda sendiri bukan OB, tengsin boy!

4. Berani ambil keputusan 
Dalam setiap aktifitas bekerja pastilah mengandung resiko juga berpotensi akan terjadinya trouble dan hal ini menuntut kita sebagai yang melakukan pekerjaan untuk bisa mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Delay waktu yang terbuang cuma untuk mengambil keputusan yang tak kunjung ditentukan hanya akan merugikan perusahaan. Time is money itu kata Mr. Krab. Jyahahaihaihaihaiiikkk... <-ketawa ala Mr. Krab
Jadi tentukan pilihan mu dengan cepat dan tepat!

5. Bertanggung jawab
Bertanggung jawab terhadap setiap masalah yang diperbuat baik oleh sendiri maupun rekan kerja, jangan saling tunjuk tangan untuk setiap masalah yang terjadi. Diskusikan dan pecahkan masalahnya serta hadapi bosnya yang lagi koar- oar minta tumbal.
Berikan penjelasan yang logis, kalau bisa sertakan ide kalian buat ngatasin masalah tersebut. Dijamin bos akan jinak seketika. *pelukan ala teletubbies* *hug*

6. Jadilah patner kerja yang menyenangkan
Jika kita bekerja dalam tim atau istilahnya kerenya team work, selain kemampuan individu yang kita miliki, kita juga harus bisa menjaga keharmonisan antar rekan kerja baik dalam satu regu kerja maupun regu kerja lainya, sehingga dapat terjalin rasa saling menghargai dan mempererat tali persahabatan bukan saling sikut menyikut dalam urusan pekerjaan itu sendiri.

Kalau menurut pengalaman gue sih, yang harus diperhatikan dengan jeli tuh ya...semacam ini nih :
  • Harus mampu membaca mood rekan kerja kalian biar suasana kerja tetap kondusif.
  • Sebisa mungkin nggak ngomongin/ngebeberin masalah intern dalam tim, cukup tim yang tau. Jangan sampe bocor bisa fatal akibatnya. Bukan hanya dibenci sama rekan satu tim tapi juga bisa dibenci orang seperusahaan dan endingnya lu bisa di cut sama bos cuma gegara masalah ini, serius!
  • Hindari perang dingin antar tim atau rekan kerja, ini biasa terjadi tanpa kita sadari.

7. Inovatif
Setiap perusahaan bukan hanya perusahaan malah kita sendiri pun harus bisa berfikir inovatif. Dalam hal ini kalian memang dituntut untuk bisa berfikir inovatif dalam bekerja.
Contoh : 
Sebagai anak baru (trainning) kalian sudah mampu menciptakan alat atau sederhananya kalian punya ide yang bisa mengefisiensikan waktu kerja menjadi lebih cepat dari biasanya. 
ex : Biasanya dibutuhkan waktu 45menit sekali produksi, tapi dengan ide cemerlang kalian waktu itu bisa dipangkas menjadi 30menit sekali produksi dengan alat yang kalian rekomendasikan tadi.

atau...
ex : Kalian inisiatif bikin semacam daily report (berupa catatan) setiap selesai melalukan suatu pekerjaan biarpun tidak ada perintah, gue  jamin bermanfaat nantinya. Disetiap kurun waktu tertentu laporkan hasil daily report tadi pada bos. Lebih bagus lagi dijilid lalu serahkan pada bos. insya allah bos akan melirik, endingya? elo dimutasi jadi manager deh... aamin :)

Gimana? keren kan? Mangkanya jangan mandek sama standart  produksi yang ada, ciptain sesuatu yang bisa ngefek sesuatu buat elo dan juga perusahaan.

Itu menurut pengalaman kerja gue, kalau kalian mau atau sekedar ingin mencoba tips yang gue jabarin di atas yah.. dengan senang hati gue mempersilahkan. Tapi jangan lupa juga, kalo-kalo berhasil dimutasi naik golongan yang lebih ok. Semangkuk bakso urat ekstra pedas, insya allah gue nggak nolak^^

"Jangan bertindak bodoh dalam bekerja, patuhi perintah, jaga keselamatan kerja anda."
Semoga bermanfaat  :)
Ja....

2 komentar:

  1. wow sangat bermanfaat mampir balik gan, jangan lupa follow ia ane tunggu

    BalasHapus
  2. 6.JADILAH PATNER KERJA YANG MENYENANGKAN

    kayak nya gua punya yang satu ini :) wkokwowk

    oh ia jgan lupa mampir di epicakbar.ngetik.net ^^

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu, sesederhana itu saya sudah merasa dihargai.
Terimakasih :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...