Sahabat Blogger

Selasa, 12 Juni 2012

Jadi enterpreneur? why not?

Kemaren gue bareng temen gue main-main ke timezone Grage mall (nama satu-satunya mall yang ada di kota gue, Cirebon). Lama nggak maen begituan, terakhir pas masih SD, itu juga bentaran cuma maen itu tuh... kayak macemnya ding-dong gitu tapi koinya mahal, seribu satu biji. Beda sama maen ding-dong di tempatnya mang Amin, disitu mah murah cuma seratus perak per koin. Ah... yasudahlah itu cuma permainan.

Bukan masalah mahal enggaknya tuh koin ding-dong yang mau gue ceritain disini adalah gimana enaknya kalo bisa jadi seorang BOS. iya, BOS !!
"Apa?! pengen BOS (Bantuan Operasional Sekolah) ? bukanya elu udah gak sekolah, ben?"
"Bukan ! bukan BOS yang itu yang gue maksud, tapi jadi BOS. Contohnya kayak mang Ali yang punya usaha toko mainan? nah... BOS yang seperti itu yang gue maksud, bukan BOS yang itu... -_-"

Jadi ceritanya kemaren pas lagi asyik-asyiknya maenan ding-dong, gue nggak sengaja liat ada cowok, ganteng, putih, bersih, rapih pula, dan masih muda cyinnn...
"Gila!! mantep banget, tajir nih kayaknya. hihi..."
"Eh? elu maho ya, ben?!!"
"Enak aja lu!" *lemparin gerobak*
"Nah terus itu apaan coba maksudnya?" o..O"
"Mangkanya dengerin dulu kalo orang lagi cerita, huh !!

Benar saja tebakan gue. Nggak berapa lama cowok itu jalan, ada cewek cantik yang nyamper. Kayaknya sih mereka belum terlalu akrab gitu, keliatan dari gerak-gerik mereka berdua yang masih agak canggung. Awalnya sih dikiranya mereka janjian ketemuan atau bahasa gaholnye kopdar ( kopi darat ). Biasanya sih dilakuin sama ABG yang kesepian  terus berani aja ketemuan entah itu temen Facebook atau Twitter atau yang lebih parah dan BER-BA-HA-YA itu... mereka mau ketemuan sama orang yang baru saja dikenal via phone nyasar. Miris bukan? tapi itulah fakta ABG kita -..-"

Ternyata mereka berdua mau pada ngobrolin soal bisnis, si cewek ini adalah client dari cowok tadi. Setelah beberapa lama gue secara sengaja nggak sengaja nguping pembicaraan mereka. Si cowoknya ini ternyata seorang pengusaha loh..... bisnis reseller gitu. *WOW banget, kan?
Jadi si ceweknya ini, katanya sih mau jadi patner bisnisnya dia, entah itu beneran atau cuma modusnya dia aja biar deket sama itu cowok. 
"Hebat masih muda ,ganteng, pengusaha pula." gue cuma bisa geleng kepala.
Calon pengusaha boneka :)
"Sebenernya ini apa sih, ben?! elu mau bikin cerpen apa gimana nih?! heran. -_-'
"Nggak kok, itu cuma biar kalian tau ajah maksudnya dari tulisan yang mau gue bahas ini loh..."
"Iya mau nulis apaan?!"
"Santai... sini gue jelasin :)" *nyengir kuda*

Setelah gue mikir, kok kenapa gue enggak ya? padahal gue sama dia kayaknya nggak jauh-jauh amat umurnya, malahan lebih tua senioran gue deh keliatanya. hahaha XD *ben aib inget, jangan malah ketawa -_-"
kalo dia yang jauh lebih muda aja bisa jadi pengusaha dan tentunya sebagai BOS, kenapa gue nggak?
Mulai dari situlah muncul ide gue buat jadi pengusaha atau istilahnya Enterpreneur .
Gue udah mulai coba merintis buat jadi pengusaha, yah...jangan yang berat-berat lah, yang ringan-ringan ajah, terus jangan yang ngabisin banyak modal. Asal kita kreatif, apapun bisa kok ^^
Kayak slogan iklan di tipi "Dari imajinasi menjadi karya."

Mau tau kiat - kiatnya? Lets's see,guys :)

1. Niat
Ya! semua hal, apapun itu. Haruslah diimani dengan nawaitu, niat. Bahkan untuk berbuat jahat pun kita harus pake niat. Nawaitu kan keinginan mu dan bergeraklah!

2. Tidak usah banyak mikir  
Sebagai seorang pemula biasanya hal sepele kayak gini yang bikin kita gak bisa maju, boro-boro mau memulai, wong belum apa-apa sudah mikirnya panjang banget macam kereta. Takut inilah, entar gitulah, apalah, bla...bla...bla... Dan pada akhirnya? mentok cuma sebagai wacana tak berarti.

So,gak usah banyak mikir guys, lakuin ajah apa yang mau elo lakuin nggak usah nunggu sampe dajjal nongol, keburu kiamat soalnya XD

3. Modal Nekat
Nggak usah takut dompet anda kering, nggak usah minder nggak punya ATM, nggak usah malu nggak punya pacar. *nah loh?! XP 

Ok.Fokus !

Iya, pokoknya nggak usah takut masalah modal darimana. Soal modal mah bisa minjem atau kalau nggak elo cukup nyari patner yang mau invest modal buat ide usaha lo. Ajak dia buat memulai usaha itu atau kalau nggak lagi, elo tau internet kan? iya tau, trus? tau blog? blog? apa itu blog? yelah, mangkanya jangan kelamaan dalem WC jadi gini nih, orang-orang udah keluar angkasa elo masih anggrem bae. Baca disini apa itu blog?
Nah setelah elo paham, coba deh bikin toko online gitu pake blog tadi, terus pasarin usaha lo lewat internet. Bikin semenarik mungkin biar pada beli produk punya lo. nggak perlu modal sekian juta buat bikin blog, gratis. Bikin ajah di warnet, palingan bayar billingnya doang. Gimana? gampang kan? mudah, cepat, gretong lagi. jyahahahaha......
Asal elonya yakin semua ada jalanya. Percayalah ^^

4. Fokus
Fokuskan keyakinan itu buat ngejalaninya, jangan dulu punya pikiran bercabang ini itu. Mending jalanin saja dulu, karena menurut pengalaman gue segala sesuatu yang dijalani bercabang itu pasti akan kacau. You know endingnya entar gimana? gagal!

5. Berserah
Setelah semua hal yang elo jalanin,dan semua usaha udah elo tekunin.Pasrahkan hasilya pada Allah SWT. Karena hanya Ia dzat yang maha kuasa atas jalan hidup ciptaan-NYA.
Ok, guys. Mungkin itu saja kiat-kiat memulai sebuah usaha. Menjadi seorang Enterpreneur memang nggak semudah membalik telapak tangan. Akan tetapi dengan keyakinan dan tekad semua akan ada jalanya.
Jadilah seorang pencipta lapangan kerja, jangan hanya menunggu panggilan kerja saja. Jemput rezeki mu dengan semangat juang mu, kawan!!

"Sesungguhnya Allah SWT tidak akan merubah nasib suatu kaum,jika kaum itu sendiri tidak mau mengubah apa - apa yang ada pada dirinya."(Q.S 13 : 11)
"Suatu benda tidak akan berubah sampai ada benda lain yang memaksanya berubah." (Hukum Newton I )

Semoga bermanfaat, salam sukses! ^^

Ja....

NB : Guys,yang punya saran buat jadi Enterpreneur sukses,share di komen box yak :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu, sesederhana itu saya sudah merasa dihargai.
Terimakasih :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...